Sertifikasi Biomassa

Green Gold Label (GGL) adalah salah satu skema sertifikasi biomassa paling awal, yang memiliki rekam jejak unik dalam sertifikasi dan pelacakan serta penelusuran seluruh rantai pasokan mulai dari produksi, pemrosesan, transportasi hingga penggunaan akhir produk biomassa yang berfokus pada keberlanjutan dan perlindungan lingkungan untuk membantu memastikan bahwa produk biomassa diproduksi dengan cara yang bertanggung jawab serta bertujuan untuk mempromosikan penggunaan biomassa berkelanjutan sebagai sumber energi terbarukan dan mengurangi dampak produksi biomassa terhadap lingkungan.

Cakupan skema Green Gold Label meliputi seluruh rantai biomassa/biofuel/bioliquid untuk produksi energi dan produk biobased serta konversi biofuel mulai dari produksi primer. Ini menyangkut semua produk, produk sampingan, residu dan turunan organik yang berasal dari pertanian, kehutanan dan/atau lanskap dan pengelolaan lingkungan yang memenuhi syarat untuk produksi energi dan produk berbasis bio.

GGL Standar

  • GGLS  1 (CoC Criteria)
  • GGLS 2 (Agriculture Source Criteria)
  • GGLS 4 (Transaction & Product Certificate)
  • GGLS 5 (Forest Management Criteria)
  • GGLS 6 (Power Company Criteria

Mengapa Perlu Sertifikasi GGL?

Pemerintah Jepang telah membentuk sistem Sertifikat Energi Terbarukan (REC), yang menetapkan sejumlah peraturan dan persyaratan untuk sertifikasi biomassa, termasuk penggunaan sumber energi terbarukan yang dibuktikan dengan sertifikasi GGL. Persyaratan skema GGL telah diakui untuk pasar Jepang Sesuai dengan Feed in Tariff (Japan FIT) Kementerian Perekonomian, Perdagangan dan Perindustrian.

Proses Sertifikasi GGL

  1. Permohonan sertifikasi
  2. Verifikasi dan perhitungan hari kerja
  3. Proposal dan persetujuan kontrak sertifikasi
  4. Pelaksaan Audit (onsite)
  5. Konfirmasi dan penyelesaian audit
  6. Keputusan dan penerbitan sertifikat
  7. Pengawasan Berkala dan Resertifikasi

Sertifikasi GGL oleh PT. SBC Asia Sertifikasi:

Sertifikasi GGL dilakukan oleh lembaga inspeksi pihak ketiga yang independen dan terakreditasi. Komite Akreditasi Nasional (KAN) tanggal 20 Desember 2023, KAN telah memutuskan memberikan akreditasi  kepada PT SBC Asia Sertifikasi sebagai Lembaga Sertifikasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17065:2012 dengan nomor akreditasi LSPr-143-IDN dengan lingkup Process certification (28) – Green Gold Label
(GGL). Untuk detail klik link: 

Scroll to Top